DISPOPAR ENREKANG SALURKAN BANTUAN BALASA

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang bersama personil Polres Enrekang, menyalurkan bantuan sembako dan lauk pauk siap saji (Balasa), Kamis (1/7). Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sekertaris Dispopar Enrekang, Amin Dalle didampingi personil Polres Enrekang menyerahkan bantuan Balasa kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Enrekang

Bantuan itu diperuntukan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak covid-19 di Kabupaten Enrekang. Menurut Kepala Dinas Dispopar Enrekang, Dadang Sumarna, bantuan tersebut diperuntukan kepada karyawan hotel, penggiat wisata dan usaha ekonomi kreatif.

“Sebanyak 117 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang mendapatkan bantuan di Kabupaten Enrekang. Bantuan ini berasal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur,” kata Dadang Sumarna.

Dadang Sumarna menjelaskan, bantuan balasa itu merupakan upaya mitigasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada masa tanggap darurat covid-19, kepada pelaku wisata dan ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

Pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang paling pertama terdampak pandemi covid-19. Menurunnya jumlah wisatawan sudah dirasakan sejak akhir bulan Maret 2020 dan terus menurun sejalan dengan diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai daerah.

“Hal ini tentunya berdampak kepada aktivitas dan pekerjaan para tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk di Kabupaten Enrekang,” jelas Dadang Sumarna.

Dadang Sumarna mengakui bahwa masih sebagian kecil yang mendapatkan bantuan. Hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan, sehingga masih banyak pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Enrekang yang belum mendapatkan bantuan Balasa.

Personil Polres Enrekang didampingi Sekertaris Dispopar Enrekang menyerahkan bantuan Balasa di Kelurahan Galonta, Kecamatan Enrekang.

“Mudah-mudahan kedepan semua pelaku pariwisata dan pelaku ekonomi keratif di kabupaten Enrekang bisa mendapatkan bantuan tersebut,” harap Dadang Sumarna.

Sebelum bantuan disalurkan, terlebih dahulu dilakukan acara pelepasan oleh Kapolres Enrekang, Rabu (30/6), bertempat di Mapolres Enrekang yang dihadiri Kepala Dispopar Enrekang, Dadang Sumarna. Penyaluran bantuan Balasa di Sulawesi Selatan mendapat dukungan penuh dari Kapolda Sulsel.

Eka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *