Loading

wait a moment

Jadi Juara, Durian Kaluppang Bakal Dipatenkan Sebagai Durian Khas Enrekang

Kerukunan Pemuda Desa Kaluppang menggelar Festival Durian di Lapangan sepak bola Desa Kaluppang, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Senin (4/1/2019).

Dalam festival tersebut dilangsungkan beberapa kegiatan, seperti lomba durian terbaik 12 desa, lomba makan durian dan sosialisasi zakat dari Baznas Enrekang.dalam lomba durian terbaik, durian lokal dari desa kaluppang dinyatakan sebagai pemenang.


Durian Kalumppang mengalahkan 11 durian lokal dari 11 desa penghasil durian yang ada di Kecamatan Maiwa.

Hasil itu berdasarkan dari penilaian tim juri dari Dinas Pertanian Enrekang dan Dinas Kesehatan Enrekang.

“Berdasarkan hasil penilaian terhadap kualitas dan rasa durian, kami menetapkan durian Kaluppang sebagai pemenang,” kata Kepala Dinas Pertanian Enrekang, Arsil Bagenda, Senin (4/3/2019).

Arsil menjelaskan, Durian Kaluppang sebagai pemenang dalam festival itu bakal dikembangkan dengan menjadikannya bibit durian unggul Enrekang.

Durian Kaluppang tersebut akan diberi nama varietas sendiri dan disertifikatkan oleh Dinas Pertanian sebagai durian khas dan unggul dari Kabupaten Enrekang.

“Kita bakal bantu kembangkan varietas durian Kaluppang ini dan segera dipatenkan sebagai durian unggul dan khas dari Enrekang,” ujarnya.

Gelaran Festival Durian di Desa Kaluppang terselenggara atas kerjasama Kerukunan Pemuda Desa Kaluppang, Baznas Enrekang dan Dinas Pertanian Enrekang.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *